Lusiani, Afrianti and Reswita, Reswita and Ridha, Rizki Novanda (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN DI HIROS FARM KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI PDF_LUSIANI AFRIANTI_E1D018021.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Kebiasaan berbelanja secara online sudah menjangkau pada produk –produk pertanian. Perubahan gaya hidup dan pola pikir yang semakin berkembang membuat konsumen memilih cara yang lebih praktis dalam memenuhi kebutuhannya. Konsumen memilih untuk berbelanja secara online dikarenakan kesibukan dan keterbatasan waktu yang dimilikinya (Fikri, 2019). Saat ini di Kota Bengkulu sudah tersedia beberapa ritel yang menjual hasil produk pertanian secara online seperti Hiros Farm, Kupesan, Sayurbuk, Mrs. Vegs dan Hallo Pasar. Salah satu marketplace yang masih aktif dan terus berkembang saat ini adalah Hiros Farm. Hiros Farm merupakan salah satu marketplace yang menjual kebutuhan sayur, buah dan kebutuhan dapur secara online di Kota Bengkulu sejak tahun 2020. Hiros Farm melayani order delivery atau pesan antar berbagai kebutuhan sayur di Kota Bengkulu. Produk dengan penjualan terbanyak dan banyak dicari oleh konsumen adalah sayuran. Konsumen sangatlah berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan. Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, maka pelaku usaha harus terus berinovasi mengikuti perkembangan pasar dan mempelajari kebutuhan konsumen. Pelaku usaha harus memiliki strategi untuk membuat konsumen tertarik melakukan pembelian. Sehingga pelaku usaha mampu menarik minat konsumen dan menguasai pangsa pasar yang ada. Konsumen melalui beberapa proses sebelum memutuskan untuk membeli yaitu kegiatan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan evaluasi pasca pembelian (Kotler dan Keller, 2012). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sayuran di Hiro Farm kota Bengkulu. Sebanyak 72 orang yang akan menjadi sampel. Penelitian ini akan dianalisis menggunakan dua metode yaitu analisis deskriptif dan analisis sem-pls. Pada tahap pengenalan kebutuhan, motivasi konsumen membeli sayuran di Hiros Farm yaitu karena sayuran merupakan kebutuhan sehari-hari dan menginginkan manfaat dari sayuran. Pada tahap pencarian informasi, sumber informasi berasal dari teman dan media sosial. Pada tahap evaluasi alternatif, konsumen akan mempertimbangkan kembali jika terdapat marketplace lain yang menjual produk yang sama. Apabila produk yang dicari tidak tersedia maka konsumen tidak jadi membeli. Pada tahap keputusan pembelian, konsumen melakukan keputusan pembelian dengan sangat terencana. Pada tahap evaluasi pasca pembelian, sebagian besar konsumen merasa sangat puas setelah membeli sayuran di Hiros Farm. Konsumen juga bersedia merekomendasikan kepada orang lain untuk membeli sayuran di Hiros Farm. Faktor-faktor yang berpengaruh siginifikan terhadap keputusan pembelian sayuran di Hiros Farm ialah variabel harga, kualitas produk dan promosi. Sementara variabel gaya hidup tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian sayuran di Hiros Farm kota Bengkulu. Kata Kunci: Sayuran, Keputusan Pembelian Online, SEM-PLS
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 01:59 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 02:04 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19146 |
Actions (login required)
View Item |