ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TOKO NAYLA BUAH KOTA BENGKULU

Reddais, Tito Pratamajaya and Irnad, Irnad and Nyayu, Neti Arianti (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TOKO NAYLA BUAH KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi REDDAIS TITO PARATAMAJAYA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui dan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk di Toko “Nayla Buah“, 2) Merumuskan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Toko “Nayla Buah“. Penelitian dilaksanakan di Kota Bengkulu dimana penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu pada lokasi usaha Toko “Nayla Buah” tepatnya di Jalan Dempo Raya Sawah Lebar Kecamatan Ratu Agung dan wilayah sekitar Kota Bengkulu . Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan November hingga Desember 2021. Responden pada penelitian ini adalah pemilik,karyawan dan konsumen yang membeli buah dan produk-produk olahannya di Toko “Nayla Buah”. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis faktor internal dan eksternal serta Analisis SWOT. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada analisis faktor internal dan eksternal Toko “Nayla Buah” dengan menggunakan matriks IFE dan EFE diperoleh nilai IFE sebesar 3,223 dan nilai EFE sebesar 3,093, nilai IFE dan EFE di atas 2,5 mengindikasikan bahwa Toko “Nayla Buah” mampu merespon dengan baik faktor internal dan eksternal dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada., 2) Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan matriks SWOT diperoleh 8 alternatif strategi yang dapat diterapkan Toko “Nayla Buah”, meliputi strategi S-O : Menjaga kualitas buah-buahan segar yang dijual serta mengembangkan inovasi produk-produk olahan buah agar dapat memanfaatkan potensi pasar yang terbuka luas, strategi S-W : Menambah variasi produk dan memasimalkan motivasi dan pemahaman megenai manajerial bisnis yang baik dari pemilik untuk mengatasi perubahan selera konsumen dan mengantisipasi kondisi perekonomian nasional kurang baik saat ini. Strategi W-O : Meningkatkan kualitas SDM dengan menerapkan sistem recrutmen yang lebih baik untuk meningkatkan pelayanan dan produktifitas usaha guna menjangkau potensi pasar dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat melalui konsumsi buah, dan strategi W-T : Meminimalisasi sifat alamiah buah yang mudah busuk dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan merelokasi tata letak produk serta lokasi parkir untuk memberikan kenyamanan yang lebih kepada konsumen agar dapat menjadi kekuatan untuk mengatasi ancaman-ancaman yang ada seperti : pesaing baru,pesaing produk sejenis dan pengaruh buah musiman. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Toko “Nayla Buah”

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:17
Last Modified: 25 Jul 2024 02:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19147

Actions (login required)

View Item View Item