STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KEPAHIANG

Agustiyan, Muhammad and Victoria, Karjiyati and Irfan, Supriatna (2022) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
1.MUHAMMAD AGUSTIYAN SKRIPSI (A1G018025).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas IV A SD Negeri 08 Kepahiang dalam pembelajaran matematika. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV A. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji kredibilitas data menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) sebagai sumber belajar, guru belum maksimal dalam melakukan perannya, karena hanya memiliki dua buku sebagai bahan referensi, belum menyediakan bahan pengayaan, kurang maksimal dalam melakukan membuka dan menutup pembelajaran, belum melakukan pembelajaran kelompok kecil. Namun guru sudah melakukan pemetaan materi, sudah melakukan keterampilan bertanya dan menjelaskan dengan maksmimal, guru juga sudah menanamkan nilai dan norma. (2) sebagai fasilitator, guru belum maksimal menjalankan perannya, karena kurang mempersiapkan perangkat pembelajaran, belum mampu merancang dan menggorganisasikan suatu media. Namun guru sudah mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa secara efektif. (3) sebagai motivator, guru telah membangkitkan minat siswa, memberikan pujian terhadap capaian atau keberhasilan siswa, guru sudah memberikan nasehat terhadap siswa yang belum berhasil, guru memberikan komentar atau penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa, guru menciptakan kompetisi atau persaingan yang sehat, dan guru juga selalu menanamkan sikap optimis kepada siswa. Namun guru belum menggunakan model dan metode yang bervariasi dalam meningkatkan minat belajar siswa, dan guru menggunakan penguatan negatif berupa hukuman. Maka dapat disimpulkan peran guru sebagai sumber belajar, fasilitator, dan motivator sudah sudah terlaksana namun belum maksimal. Kata Kunci: Studi Deskriptif, Peran Guru, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:33
Last Modified: 25 Jul 2024 04:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19155

Actions (login required)

View Item View Item