PENGARUH EFEKTIVITAS PENGAWASAN DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

Dwi Oktari, Feli and Madani, Hatta and Lismawati, Lismawati (2021) PENGARUH EFEKTIVITAS PENGAWASAN DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI FELI DWI OKTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti empiris Pengaruh Efektivitas Pengawasan dan Intellectual Capital terhadap Financial Distress. Financial Distress diukur menggunakan model Z-score di modifikasi Altman. Efektivitas Pengawasan Efektifitas Dewan Komisaris diukur menggunakan 17 kriteria dewan komisaris berdasarkan model Hermawan. Efektifitas Komite Audit diukur menggunakan 11 kriteria komite audit berdasarkan model Hermawan. Intellectual Capital diukur menggunakan Value Added Intellectual Coefficient (VAIC™) model pulic. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi logistik dengan program spss 22. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 225 observasi. Hasil penelitian meununjukkan bahwa efektivitas pengawasan tidak berpengaruh terhadap financial distress, namun untuk variabel intellectual capital berpengaruh terhadap financial distress. Implikasi penelitian ini adalah memberikan informasi tambahan penjelasan mengenai teori resources based theory yang menyatakan bahwa perusahaan akan unggul dalam persaingan usaha dan mendapatkan kinerja keuangan yang baik dengan cara memiliki, menguasai dan memanfaatkan aset aset strategis yang penting (aset berwujud dan tidak berwujud). Bagi perusahaan manufaktur, hasil penelitian ini diharapkan dapat berimplikasi akan meningkatkan pengelolaan intellectual capital (IC) sehingga perusahaan memiliki kemampuan menciptakan value added bagi perusahaan. Keterbatasan penelitian ini yaitu sampel pada penelitian ini kurang representatif dan mengakibatkan hasil penelitian mungkin menjadi kurang maksimal. Variabel efektivitas pengawasan, intellectual capital,ukuran perusahaan, leverage dan ROA dalam menjelaskan variabel financial distress hanya sebesar 23,5 %. Hal ini menunjukkan masih ada variabel lain yang dapat mempengaruhi financial distress.Teori yang digunakan dalam penelitian belum bisa secara maksimal menggambarkan bagaimana keterkaitan antar variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:05
Last Modified: 26 Jul 2024 04:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19167

Actions (login required)

View Item View Item