EFEKTIVITAS MEDIASI DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA HUBUNGAN INDUSTRIAL DI PROVINSI BENGKULU (STUDI KASUS ANTARA PEKERJA DENGAN PT.ANDALAN MITRA PRESTASI)

Dinta, Aisyahtu Rahmah and Slamet Muljono, Slamet Muljono and Edi, Hermansyah (2024) EFEKTIVITAS MEDIASI DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA HUBUNGAN INDUSTRIAL DI PROVINSI BENGKULU (STUDI KASUS ANTARA PEKERJA DENGAN PT.ANDALAN MITRA PRESTASI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI DINTA - 27 Maret 2024 fixx - Dinta Aisyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penyelesaian masalah hubungan industrial melalui mediasi dilakukan oleh mediator yang berada dalam setiap instansi pemerintah yang memiliki kewajiban di bidang ketenagakerjaan provinsi. Tujuan penyelesaian perselisihan hubungan industrial melalui mediasi adalah untuk mencapai kesepakatan dan perdamaian antara kedua belah pihak. Namun, karena beberapa faktor mediasi perselisihan hubungan industrial juga ada yang berjalan baik dan ada yang tidak berjalan dengan baik atau gagal di mediasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis tata cara mediasi dalam menyelesaikan sengketa perselisihan hubungan industrial di Provinsi Bengkulu serta untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung mediasi dalam menyelesaikan sengketa hubungan industrial di Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis empiris. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian skripsi ini berdasarkan data yang peneliti lakukan dalam penelitian di Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu mediasi berjalan dengan efektif, karena dapat dilihat dalam hasil keputusan mediasi tersebut yaitu para pihak yang bersengketa yaitu PT.Andalan Mitra Prestasi dengan pekerjanya sepakat untuk mengakhiri konflik diantara mereka dengan membuat perjanjian bersama yang berisi pihak pekerja akan di pekerjakan kembali oleh PT.Andalan Mitra Prestasi. Faktor pendukung yang dialami mediator adalah kemampuan mediator dalam menyelesaikan sengketa hubungan industrial serta sumber daya manusia yang memadai karena dalam 1 kasus sengketa hubungan industrial terdapat 3 orang mediator yang akan menyelesaikan sengketa hubungan industrial tersebut. Kata Kunci : Efektivitas,Mediasi,Hubungan Industrial.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:28
Last Modified: 29 Jul 2024 03:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19207

Actions (login required)

View Item View Item