STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU

Safera, Bella and Herman, Lusa and Irfan, Supriatna (2022) STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
BELLA SAFERA_A1G018051_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keprofesionalan guru dalam pengelolaan pembelajaran tematik di SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas V dan wali kelas VI SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator perencanaan penerapan pembelajaran tematik sudah dilaksanakan oleh guru RI dan guru SM akan tetapi pada indikator kejelasan perumusaan tujuan belum semua tujuan pembelajaran didalam RPP yang HOTs, semua indikator pelaksanaan penerapan pembelajaran tematik telah dilaksanakan, belum semua indikator mengevaluasi siswa dalam penerapan pembelajaran tematik dilakukan oleh guru, yakni indikator merefleksi dan memberi tindak lanjut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas V dan VI telah menerapkan kompetensi profesional guru dalam pengelolaan pembelajaran tematik di SD Negeri 44 Kota Bengkulu walaupun belum semua indikator diterapkan dalam setiap pertemuan. Kata kunci: Guru Profesional, Kompetensi Guru, Kompetensi Profesional, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:34
Last Modified: 30 Jul 2024 03:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19233

Actions (login required)

View Item View Item