RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI TERHADAP PEMBERIAN PUPUK KALIUM DAN VERMIKOMPOS DENGAN DOSIS BERBEDA PADA LAHAN ULTISOL

Fahmi, Rasyaad Alkari and Hesti, Pujiwati and Mohammad, Chozin (2022) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI TERHADAP PEMBERIAN PUPUK KALIUM DAN VERMIKOMPOS DENGAN DOSIS BERBEDA PADA LAHAN ULTISOL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_Fahmi_Rasyaad_Alkari_E1J018051.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membandingkan pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai yang diberikan pupuk kalium dan vermikompos dengan dosis berbeda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021 hingga Maret 2022 yang berlokasi di Jl. Talang Pauh, Pasar Pedati, Pondok Kelapa Kelurahan Talang Pauh, Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) 2 faktor. Faktor pertama yaitu dosis pupuk KCl dengan 4 taraf yaitu K0: 0 kg/ha, K1: 75 kg/ha, K2: 150 kg/ha, K3 : 225 kg/ha dan faktor kedua yaitu dosis vermikompos dengan 4 taraf yaitu V0: 0 ton/ha, V1: 7,5 ton/ha, V2: 15 ton/ha, V3 : 22,5 ton/ha. Terdapat 16 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali, sehingga didapatkan 48 satuan percobaan. Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman (cm), jumlah cabang, jumlah daun, bobot basah akar (g), bobot kering akar (g), bobot basah tajuk (g), bobot kering tajuk (g), jumlah polong bernas, jumlah polong hampa, bobot 100 biji (g), bobot biji per tanaman (g), bobot biji per petak (g), jumlah bintil akar, dan bobot bintil akar (g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk KCl tidak berpengaruh nyata terhadap semua variabel yang diamati. Pemberian vermikompos memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah cabang, jumlah daun, jumlah polong bernas, jumlah polong hampa, bobot basah akar, bobot kering akar, bobot basah tajuk, bobot kering tajuk, bobot 100 biji, bobot biji per tanaman dan bobot biji per petak. Secara umum perlakuan terbaik pemberian vermikompos pada perlakuan dosis 22,5 ton/ha.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:23
Last Modified: 31 Jul 2024 04:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19249

Actions (login required)

View Item View Item