SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS BERBASIS IT (INFORMATION TECHNOLOGY) DITINJAU DARI PENGENDALIAN INTERNAL ( Studi Kasus PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk Kota Bengkulu pada Masa Pandemi )

Millenia Diantry, Prisca and Lisa, Martiah Nila Puspita and Fitrawati, Ilyas (2021) SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS BERBASIS IT (INFORMATION TECHNOLOGY) DITINJAU DARI PENGENDALIAN INTERNAL ( Studi Kasus PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk Kota Bengkulu pada Masa Pandemi ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI PRISCA_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Suatu perusahaan dikatakan telah memiliki pengendalian internal yang baik ketika tujuan sistemnya tercapai. Untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan, terdapat sistem yang digunakan dalam perusahaan yaitu sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas salah satu sub sistem informasi akuntansi yang menjelaskan bagaimana seharusnya prosedur dalam melakukan kegiatan penjualan dan penerimaan kas dari hasil penjualan sehingga tindakan kecurangan terhadap penjualan dan penerimaan kas dapat dihindari. Saat ini, terdapat beberapa perusahan yang bergerak di bidang perdagangan, sudah melakukan sistem penjualan dan penerimaan kas berbasis IT ( Information Technology). Pada masa pandemi ini, aplikasi perangkat lunak digital tentunya menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat dalam melakukan transaksi. Salah satu perusahaan yang telah menerapkan sistem penjualan dan penerimaan kas berbasis IT (Information Technology) dengan meluncurkan aplikasi perangkat lunak digital yaitu PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas berbasis IT pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) Cabang Kota Bengkulu dan menganalisis pengendalian internal sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas berbasis IT (Information Technology) pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) Cabang Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memiliki 12 informan, yang terdiri dari departemen sumber daya manusia (SDM), koordinator wilayah dan karyawan toko, seperti (kepala toko, asisten kepala toko, tenaga penjual, dan kasir) Hasil penelitian ini adalah Sistem informasi akuntansi siklus penjualan dan penerimaan kas berbasis IT (Information Technology) yang diterapkan PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk Kota Bengkulu terutama pada masa pandemi sudah efektif hanya terdapat beberapa kekurangan dan Pengendalian Internal sistem informasi akuntansi siklus penjualan dan penerimaan kas yang diterapkan alfamart sudah cukup baik, hanya saja perlu peningkatan pengendalian dalam hal pengantaran barang pesanan Bagi peneliti mendatang, agar dapat melakukan penelitian dengan menambahkan lagi informan yang memiliki keterkaitan lebih terhadap masalah dalam penelitian ini, contohnya pihak IT agar informasi yang didapatkan lebih akurat. Bagi penelitian selanjutnya, agar dapat memperluas jangkauan penelitian, dan mengaitkan sistem informasi akuntansi siklus penjualan dan penerimaan kas dengan penemuan-penemuan baru terkait teknologi informasi penjualan dan penerimaan kas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:57
Last Modified: 31 Jul 2024 07:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19257

Actions (login required)

View Item View Item