PENGARUH AKUNTANSI FORENSIK DAN AUDIT INVESTIGATIF TERHADAP PENDETEKSIAN WHITE COLLAR CRIME (Studi Empiris pada BPKP Provinsi Bengkulu)

Rahmi Puspita Putri, Ria and Novitasari, Novitasari and Lismawati, Lismawati (2021) PENGARUH AKUNTANSI FORENSIK DAN AUDIT INVESTIGATIF TERHADAP PENDETEKSIAN WHITE COLLAR CRIME (Studi Empiris pada BPKP Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.RIA RAHMI PUSPITA PUTRI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Kejahatan kerah putih (white collar crime) yang dilakukan oleh kaum elit yang dapat menimbulkan kerugian negara masih menjadi isu yang fenomenal hingga saat ini, salah satu cara yang dapat digunakan oleh badan pengawas dan pemeriksa keuangan dalam mengurangi adanya kejahatan kerah putih adalah dengan mendeteksi kejahatan kerah putih tersebut. Penerapan akuntansi forensik dan audit investigatif dalam mendeteksi tindak pidana kerah putih merupakan permasalahan utama yang dihadapi oleh para akuntan ataupu auditor di Indonesia. Akuntansi forensik diharapkan mampu untuk menjawab tantangan dunia akuntansi yang semakin kompleks dan membantu mendeteksi berbagai kecurangan yang akan terjadi, sedangkan audit investigatif ialah jenis audit khusus yang bertujuan untuk menemukan bukti kecurangan. Hal ini karena banyaknya kejahatan kerah putih merupakan manipulasi industri keuangan, yang membuat diri mereka sendiri, orang lain atau perusahaan menjadi kaya,yang sangat merugikan negara. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh akuntansi forensik dan audit investigatif terhadap pendeteksian white collar crime. Sampel dalam penelitian ini adalah auditorpada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui metode survey dengan membagikan 72 kuesioner pada auditor di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis linear berganda. Data analisis menggunakan regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) akuntansi forensik berpengaruh positif terhadap pendeteksian white collar crime, 2) audit investigatif berpengaruh positif terhadap pendeteksian white collar crime.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:05
Last Modified: 31 Jul 2024 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19261

Actions (login required)

View Item View Item