PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, KONSERVATISME AKUNTANSI, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

Novalia, Rika and Nikmah, Nikmah and Saiful, Saiful (2021) PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, KONSERVATISME AKUNTANSI, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RIKA NOVALIA C1C017093.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empiris Pengaruh financial distress, konservatisme akuntansi, dan kepemilikan manajerial terhadap penghindaran pajak. penghindaran pajak dalam penelitian ini diukur dengan cash effective tax rate. Financial distress diukur dengan menggunakan rumus Altman Z-Score. Konservatisme diukur dengan cara menambah laba bersih dengan depresiasi, kemudian dikurangi arus kas operasi, dikalikan -1, dan dibagi dengan total aset (Belkaoui, 2006). Kepemilikan manajerial diukur dengan menggunakan menggunakan rasio antara jumlah saham yang dimiliki manajer atau direksi dan dewan komisaris terhadap total saham yang beredar. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 16. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019.Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 345 observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial distress dan konservatisme akuntansi tidak berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak, tetapi untuk variabel kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak. Implikasi penelitian ini adalah Memberikan tambahan bukti empiris pada literature akuntansi khususnya di bidang perpajakan dalam hal praktik penghindaran pajak perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2015 2019 dan memperkuat hasil penelitian terdahulu khususnya untuk kepemilikan manajerial yang mana jumlah kepemilikan saham oleh manajer akan membantu meminimalisir tindakan penghindaran pajak. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengetahuan tambahan di bidang akuntansi dan perpajakan untuk menjadi pedoman bagi penelitian selanjutnya. Bagi perusahaan dan pengguna laporan keuangan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada perusahaan dan pengguna laporan keuangan tentang kebijakan kebijakan yang diambil oleh pihak manajemen terkait penghindaran pajak serta kepemilikan saham yang dimiliki manajer berperan penting dalam pengambilan keputusan dalam hal penghindaran pajak. Keterbatasan penelitian ini yaitu beberapa laporan keuangan maupun tahunan perusahaan sampel banyak yang tidak dapat di akses sehingga dari segi jumlah sampel menjadi berkurang dan mengakibatkan hasil penelitian mungkin menjadi kurang maksimal. Data dalam penelitian ini tidak terdistribusi normal sehingga menghasilkan nilai adjusted R Square yang kecil dan terjadi masalah heterokedastisitas yang menyebabkan dua hipotesis dalam penelitian ini ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:52
Last Modified: 31 Jul 2024 08:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19262

Actions (login required)

View Item View Item