IRENE, VELECIA SITORUS and Mohammad, Nur Dita Nugroho and Atik, Prihatiningrum (2023) PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA TYPE B MENGGUNAKAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI IRENE VELECIA SITORUS - irene sitorus_GIE 019 011.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Karakteristik yang dimiliki oleh anak penyandang tunarungu berbeda dengan anak normal. Anak tunarungu mengalami kekurangan dan kehilangan kemampuan mendengar baik sebagian atau seluruh pendengaran sehingga membutuhkan perlakuan khusus. Sekolah Luar Biasa diberikan kepada peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran. Pendidikan merupakan kebutuhan yang penting bagi anak berkebutuhan khusus. Sekolah Luar Biasa Type B merupakan sekolah yang diperuntukan bagi anak yang memiliki kekurangan dalam indra pendengaran serta perilaku yang tidak terlalu stabil. Arsitektur Perilaku adalah arsitektur yang penerapannya mempertimbangkan perilaku dalam perancangan. Sekolah Luar Biasa Type B yang dirancang di Kota Bengkulu dengan menggunakan pendekatan aristektur perilaku dapat menghasilkan sebuah bangunan dan lingkungan yang bisa menjawab kebutuhan sekaligus dapat meningkatkan potensi siswa tunarungu sebagai penggunanya. Dirancang menggunakan pendekatan arsitektur perilaku yang mengerti akan kebutuhan dari anak – anak tunarungu dengan anak – anak tunarungu dapat menerima pembelajaran dan belajar dengan giat demi mewujudkan masa depan mereka. Kata Kunci : Arsitektur Perilaku, Bengkulu, Sekolah Luar Biasa, Tunarungu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:31 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:31 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19285 |
Actions (login required)
View Item |