Lestari, Rika and Pebrian, Tarmizi and Irfan, Supriatna (2022) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
RIKA LESTARI PGSD UNIB 2018.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 1 dan tema 7 subtema 2 melalui penerapan model Think Pair Share pada siswa kelas V SDN 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V yang terdiri dari 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah menggunakan tes, data tes dianalisis menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase pembelajaran klasikal. Pada siklus I prestasi belajar pembelajaran bahasa Indonesia nilai rata-rata kelas 70,17 dengan ketuntasan belajar klasikal 53,37%, pada siklus II peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia meningkat rata-rata 78,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 82, 14%. Mata pelajaran SBdP pada siklus I memiliki nilai rata-rata 72,85 dengan ketuntasan belajar 50%, pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar SBdP sebesar 78,21 dengan ketuntasan belajar 85,71% Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 8 Kota Bengkulu. Kata kunci: Model Think Pair Share, Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:55 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:55 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19295 |
Actions (login required)
View Item |