PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 133 SELUMA

Setiati, Try Nurhusni and Pebrian, Tarmizi and Irfan, Supriatna (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 133 SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPI TRY UNTUK KASET.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 133 Seluma pada pembelajaran tematik deng an menerapkan model kooperatif tipe Make a Match berbantuan media ICT. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan guru SDN 133 Seluma. Instrumen pe nelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknis analisis data observasi menggunakan rumus nilai rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data prestasi belajar siswa dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata dan presentase ketuntasan belajar. Hasil dari penelitian aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Kooperatif tipe Make a Match siklus I diperoleh skor 34 dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 51 yang termasuk kriteria baik. Hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik siklus I mata pelajaran SBdP nilai rata-rata kelas sebesar 69,24 dengan ketuntasan belajar klasikal 60,60% mengalami peningkatan yang sangat baik pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,12 dan ketuntasan belajar klasikal 87,87%. Sedangkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I dengan nilai rata-rata 63,63 dan ketuntasan belajar klasikal 57,57%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,39 dan ketuntasan belajar 81,81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match berbantuan media ICT dapat mengingkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas IV SDN 133 Seluma pada pembelajaran tematik. Kata kuci: Model Kooperatif Tipe Make a Match, Aktivitas, Prestasi Belajar, Pembelajran Tematik, ICT

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:58
Last Modified: 01 Aug 2024 03:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19296

Actions (login required)

View Item View Item