PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (PTK DI KELAS IV SDN 50 KOTA BENGKULU)

Suri, Atikas and Herman, Lusa and Pebrian, Tarmizi (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (PTK DI KELAS IV SDN 50 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Atika Suri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu yang terdiridari 16siswa. Penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe NHT dilakukan dengan langkah sebagai berikut,(1) Menyampaikan Materi, (2) Pembentukan kelompok (3) Pembagian nomor, (4) Diskusi kelompok, (5) Penghargaan, (6) Evaluasi. Hasil observasi peningkatan Prestasi belajar pada aspek pengetahuan siklus I pada mata pelajaran IPS memperoleh nilai rata-rata 66,25 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 56%, kemudian siklus II meningkat memperoleh nilai rata-rata 86,56 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 93%. Mata pelajaran IPA pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,68 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 50%, pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor rata-rata 85,46 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 87%. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat memperbaiki proses pembelajaran serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik dikelas IV SDN 50 Kota Bengkulu. Katakunci: NHT,Prestasi,Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:15
Last Modified: 01 Aug 2024 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19301

Actions (login required)

View Item View Item