EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DIMASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH TAHUN 2020

Sukandar, Afrini and Merri, Anitasari and Nurna, Aziza (2021) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DIMASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH TAHUN 2020. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI AFRINI SUKANDAR FIKS 05.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Efektivitas Pengelolaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Rumusan masalah penelitian adalah apakah program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah efektif pengelolaannya. Jenis penelitian deskriptif, metode dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan statistik sederhana. Hasil penelitian Efektivitas Pengelolaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Efektivitas Pengelolaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah dalam mekanisme dan alur pendataan, pembinaan dan pengawasan, pelaporan dan pertanggung jawaban, dan tepat sasaran di Kecamatan Pondok Kelapa dengan jumlah indeks skor keseluruhan tingkat efektivitasnya sebesar 80,09 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengelolaan bantuan langsung tunai dana desa Kecamatan Pondok Kelapa Efektiv. Saran bagi pemerintahan Desa, Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukan bagi desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai pelaksanaan pemberdayaan masyarakat. Maka diharapkan kepada Kepala desa dan perangkat desa untuk lebih memahami apa yang menjadi tujuan dari pemerintah pusat agar dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat diharapkan dan berjalan dengan baik. Untuk Kepala Desa dan juga perangkat desa serta lembaga-lembaga desa sebagai pemerintah desa untuk peka dan tanggap terhadap apa yang menjadi potensi dan kebutuhan masyarakat desa demi kemajuan dan kemakmuran bagi masyarakat miskin yang lebih baik serta mampu mengatasi masalah perekonomian desa khususnya masyarakat miskin yang terdampak covid-19 atau pun masyarakat kecil yang kehilangan mata pencariannya/PHK, dan bagi masyarakat harus mendukung apa yang menjadi program pemerintah desa dan juga harus aktif memberikan masukan ketika mengikuti musyawarah desa serta masyarakat dapat melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:22
Last Modified: 01 Aug 2024 04:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19302

Actions (login required)

View Item View Item