PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FOCUSKY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN GUGUS IX KOTA BENGKULU

Geofani, Benni and Dwi, Anggraini and Pebrian, Tarmizi (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FOCUSKY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN GUGUS IX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI BENNI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi focusky terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas IV di SDN Gugus IX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh SDN Gugus IX Kota Bengkulu yang menerapkan Kurikulum 2013 terdiri dari 4 SD yaitu SDN 20, SDN 82, SDN 73, dan SDN 106 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas IV SD Negeri 81 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas IV SD Negeri 82 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol berjumlah 24 siswa, dan kelas V SD Negeri 61 Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar tes yang berjumlah 10 butir soal dengan bentuk soal uraian. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung dengan menggunakan Equal Variences Assumed = 4,524 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 serta nilai distribusi ttabel adalah 2,015. Sehingga thitung> ttabel (4,524 > 2,015) dan Sig.(2- tailed) 0,000< 0,05. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran aplikasi focusky terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Gugus IX Kota Bengkulu. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Media Pembelajaran, Focusky, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:19
Last Modified: 01 Aug 2024 04:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19303

Actions (login required)

View Item View Item