PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN (SISWA KELAS V SDN 104 BENGKULU SELATAN)

Diwi, Dahliana and Dalifa, Dalifa and Herman, Lusa (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN (SISWA KELAS V SDN 104 BENGKULU SELATAN). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Dahliana Diwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa kelas V SDN 104 Bengkulu Selatan dengan Menerapkan Model PBL pada pembelajaran Tematik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Instrument yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa dan guru, lembar observasi sikap peduli lingkungan dan lembar tes. data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada indikator ketercapaian. Dari analisis data menunjukan pada siklus 1 diperoleh skor lembar observasi guru sebesar 24 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor lembar observasi siswa sebesar 23,5 dengan kriteria cukup, pada siklus 2 rata-rata skor lembar observasi guru meningkat menjadi 31,5 dengan kategori baik dan rata rata skor lembar observasi siswa meningkat menjadi 30 dengan kategori baik. Hasil belajar tematik siswa pada siklus 1 rata-rata kelas Mapel Bahasa Indonesia sebesar 70,7 dengan ketuntasan klasikal 57% dan rata-rata kelas mapel IPA sebesar 70 dengan ketuntasan klasikal 50%. Kemudian pada siklus 2 rata-rata hasil belajar Mapel Bahasa Indonesia meningkat menjadi 80,7 dengan ketuntasan klasikal 85% dan rata-rata Mapel IPA menjadi 81,4 dengan ketuntasan klasikla sebesar 80%. Pada lembar observasi sikap peduli lingkungan siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor sebesar 19 dengan kategori cukup dan meningkat di siklus 2 menjadi 26 dengan kategori baik Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Tematik dapat meningkatkan Aktivitas, Hasil Belajar dan Sikap Peduli Lingkungan khususnya siswa kelas V SDN 104 Bengkulu Selatan. Kata kunci: Tematik, PBL, Aktivitas, Hasil Belajar, Sikap Peduli Lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:22
Last Modified: 01 Aug 2024 04:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19305

Actions (login required)

View Item View Item