PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS IV A SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Marlinda, Dina and Victoria, Karjiyati and Irfan, Supriatna (2022) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS IV A SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Dina Marlinda A1G018113.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model pembelajaran matematika realistik berbantuan media audio visual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 17 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 4 SDN 17 Kota Bengkulu. Instrumen penilaian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan presentase kentuntasan belajar klasikal. Data hasil observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran skor untuk tiap kriteria. Hasil rata-rata aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor pada kriteria baik (B) dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor pada kriteria sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor pada kriteria baik (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh skor pada kriteria sangat baik (SB). Sedangkan untuk hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa pada kriteria cukup (C) dengan ketuntasan belajar klasikal pada kriteria cukup (C), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kriteria baik (B) dengan ketuntasan belajar klasikal pada kriteria baik (B). Hasil belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I memperoleh skor pada kriteria baik (B) mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh skor pada kriteria sangat baik (SB). Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika realistik berbantuan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : PMR, Media Audio Visual, Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:40
Last Modified: 01 Aug 2024 04:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19306

Actions (login required)

View Item View Item