INTERNALISASI NILAI KEBERANIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS 5 SD NEGERI 08 KOTA BENGKULU

Sari, Epita and Lukman, Lukman and Irfan, Supriatna (2022) INTERNALISASI NILAI KEBERANIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS 5 SD NEGERI 08 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI EPITA SARI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Nilai keberanian merupakan nilai yang terdapat pada salah satu butir dari Dasadarma Pramuka kedelapan. Nilai keberanian tidak hanya wajib ditanamkan oleh Pembina Pramuka pada kegiatan ekstrakulikuler kepramukaan saja, tetapi guru kelas juga wajib untuk menanamkan nilai keberanian pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai keberanian yang dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran dan sikap siswa setelah adanya pendidikan dan penanaman nilai keberanian yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pembina Pramuka, Guru kelas 5C dan juga Siswa kelas 5C. Teknik pengumpulan data yang dipakai yiatu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Uji kredibilitas data yang digunakan yaitu triangulasi dan member check.Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu Guru kelas 5C menginternalisaskan nilai keberanian melalui Tahapan Trans- internalisasi Nilai. Di dalam tahapan trans-internalisasi nilai dilakukan guru kelas 5C melalui metode keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman serta dengan menggunakan pendekatan emosional. Sikap siswa kelas 5C setelah adanya pendidikan dan penanaman nilai keberanian yang dilakukan guru sudah menunjukkan sikap seorang siswa yang berani. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu guru menginternalisasikan nilai keberanian melalui proses pembelajaran untuk membentuk karakter siswa dengan tahapan trans-internalisasi nilai menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, hukuman dan pendekatan emosional. Sikap siswa kelas 5C setelah adanya pendidikan dan penanaman nilai yang dilakukan oleh guru sudah menunjukkan sikap yang berani dalam hal yang positif. Kata kunci: Internalisasi Nilai Keberanian, Tahap Internalisasi Nilai, Sikap Berani Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:45
Last Modified: 01 Aug 2024 04:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19313

Actions (login required)

View Item View Item