ANALISIS PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI DAN BELANJA MODAL TERHADAP PDRB SE-SUMATERA BAGIAN SELATAN

Yanti Panjaitan, Asri and Hutapia, Hutapia (2021) ANALISIS PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI DAN BELANJA MODAL TERHADAP PDRB SE-SUMATERA BAGIAN SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Asriyanti C1A017064.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Salah satu ukuran kesejahteraan adalah pendapatan, dimana kesejaheraan akan tercipta karena masyarakat mampu memenuhi kebutuhannya atau memiliki kehidupan yang layak. Tingkat pendapatan masyarakat dapat di ukur dari total pendapatan suatu daerah maupun tingkat pendapatan rata-rata nya. Salah satu ukuran pendapatan pada suatu daerah adalah PDRB. Dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi setiap daerah memiliki proses yang berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan IPM, jumlah PMDN dan jumlah belanja modal yang ada di setiap daerah masing-masing. Berdasarkan data dari tahun 2015-2019 trend IPM dan belanja modal di Sumbagsel mengalami kenaikan begitu pun dengan PDRB sedangkan trend PMDN nya mengalami penurunan. Sehingga perlu di teliti sejauh mana variabel IPM, PMDN dan belanja modal dapat mempengaruhi PDRB di Sumbagsel dari tahun 2000-2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh indeks pembangunan manusia, penanaman modal dalam negeri dan belanja modal terhadap PDRB pada lima provinsi Se-Sumatera Bagian Selatan. Metode yang digunakan adalah Metode Analisis Data Panel (Pool Data). Data digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik selama dua puluh tahun yaitu tahun 2000-2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel indeks pembangunan manusia, penanaman modal dalam negeri dan belanja modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB di wilayah Sumbagsel. Hal ini berarti perbaikan dan peningkatan IPM, PMDN dan Belanja Modal akan meningkatkan PDRB di Sumbagsel.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:52
Last Modified: 01 Aug 2024 04:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19316

Actions (login required)

View Item View Item