ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INFLASI, UPAH MINIMUM, DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN DI PULAU SUMATERA

Efendi, Efendi and Barika, Barika and Ratu, Eva Febriani (2021) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INFLASI, UPAH MINIMUM, DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN DI PULAU SUMATERA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
CD SKRIPSI EFENDI (C1A017030).pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengangguran sampai saat ini masih menjadi suatu permasalahan yang cukup klasik yang sering ditemui dalam pembangunan ekonomi daerah, termasuk di Pulau Sumatera. Masalah pengangguran tentu dapat menimbulkan beberapa efek buruk bagi kehidupan masyarakat dan perekonomian daerah, seperti bertambahnya angka kemiskinan dan efek buruk lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, inflasi, upah minimum, dan tingkat pendidikan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Pulau Sumatera. Jenis penelitian ini merupakan explanatory research, dimana metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Total unit observasi data panel dalam penelitian ini, yaitu sebanyak 90 unit observasi terdiri dari sepuluh provinsi di Pulau Sumatera selama periode 2011-2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan pertumbuhan ekonomi, inflasi, upah minimum, dan tingkat pendidikan berpengaruh terhadap tingkat pengangguran terbuka di Pulau Sumatera. Namun, secara parsial inflasi tidak berpengaruh terhadap tingkat pengangguran terbuka di Pulau Sumatera. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi dan tingkat pendidikan berpengaruh negatif terhadap tingkat pengangguran terbuka di Pulau Sumatera. Sedangkan, upah minimum provinsi berpengaruh positif terhadap tingkat pengangguran terbuka di Pulau Sumatera. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan kepada pemerintah di masing- masing provinsi di Pulau Sumatera untuk lebih meningkat pertumbuhan ekonomi dalam upaya meningkatkan daya serap tenaga kerja. Disarankan juga kepada pemerintah di Pulau Sumatera untuk terus meningkatkan sumber daya manusia di Pulau Sumatera melalui pendidikan, sehingga nantinya dengan adanya tingkat pendidikan tinggi dari angkatan kerja, maka kesempatan kerja yang dimiliki angkatan kerja juga akan semakin besar, adanya kesempatan kerja yang semakin besar tersebut akan mendorong peluang terjadinya pengangguran juga akan semakin kecil. Disarankan untuk penetapan upah minimum provinsi harus lebih memperhatikan kondisi dari para pekerja dan pengusaha, sehingga penetapan upah minimum terlalu rendah tidak mengurangi kesejahteraan bagi pekerja dan upah minimum terlalu tinggi juga tidak membebani bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 01 Aug 2024 05:03
Last Modified: 01 Aug 2024 05:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19318

Actions (login required)

View Item View Item