PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU

Arsymulya, Laras and Herman, Lusa and Pebrian, Tarmizi (2022) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LARAS ARSYMULYA A1G018044 PGSD FKIP UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SD N 60 Kota Bengkulu pada pembelajaran tema 9 subtema 1 dengan menggunakan Strategi Synergetic Teaching. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukan Rata-rata dari penilaian observasi aktivitas guru pada siklus 1 yaitu, 7.32 dengan ketegori Kurang (Rentang 6-9) sedangkan hasil observasi guru siklus II yaitu, 16.63 dengan ketegori Baik (Rentang 13-18). Kemudian pada hasil observasi siswa siklus I diperoleh rata-rata 7.24 dengan ketegori Kurang (Rentang 6-9), dan pada observasi siswa siklus II diperoleh rata- rata 16.57 dengan ketegori Baik (Rentang 13-18). Selanjutnya pada hasil belajar siswa siklus I pada mata pelajaran PPKn, ditemukan siswa dengan rentang nilai 71-80 yaitu 4 siswa (19.04 %), dan tidak ada siswa yang mendapat nilai 81-100. Pada mata pelajaran bahasa indonesia diperoleh tingkat ketuntasan sebesar 23.80% pada siklus I. Dari data tersebut diketahui bahwa tindakan pada siklus 1 belum memenuhi kriteria keberhasilan minimum yang ditentukan. Selanjutnya pada siklus II mata pelajaran PPKn sudah memenuhi kriteria keberhasilan minimum yang ditentukan, dibuktikan dengan 14 siswa mendapat rentang nilai 81-100 (66.66%). Sedangkan pada mata pelajaran bahasa indonesia siklus II, menunjukkan 18 siswa yang tuntas dengan persentase 85.71%. Dengan demikian, tindakan pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan minimum yang ditentukan, dan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa menggunakan strategi Synergetic Teaching siswa kelas IV B di SD Negeri 60 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Peningkatan Aktivitas, Hasil Belajar Tematik, Strategi Synergetic Teaching.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:58
Last Modified: 01 Aug 2024 07:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19333

Actions (login required)

View Item View Item