PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI BENGKULU

Nurhaini, Nurhaini and Mochammad, Ridwan and Yefriza, Yefriza (2021) PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Nurhaini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Nilai indeks pembangunan manusia Provinsi Bengkulu selalu mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Jika dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya yang berada di Pulau Sumatera, provinsi Bengkulu dapat dikategorikan mempunyai indeks pembangunan manusia yang rendah ketiga. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran seberapa besar indeks pendidikan (diproyeksikan rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah) terhadap IPM dalam pembangunan manusia di Provinsi Bengkulu. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa data time series. Sumber data berasal dari Badan Pusat Statistik Propinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif dengan bantuan eviews 9 untuk mengambarkan bagaimana pembangunan manusia di Provinsi Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan manusia di Provinsi Bengkulu tinggi karena ditopang oleh indeks pendidikan dan berperan kecil terhadap pembentukan IPM. Pembangunan di bidang pendidikan dapat dikategorikan berhasil karena rata-rata lama sekolah di Provinsi Bengkulu 8,84. Kondisi ini jauh lebih tinggi di bandingkan dengan rata-rata lama sekolah 4 provinsi lainnya di Sumbagsel. Selain itu angka Harapan lama sekolah mencapai angka 13,61. Pada variabel X1 diperoleh nilai probabilitas t-Statistik sebesar 0,0000 yang nilainya lebih kecil dari nilai α (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif signifikan yaitu sebesar 2.254936 dari rata-rata lama sekolah terhadap indeks pembangunan manusia di provinsi Bengkulu. Pada variabel X2 diperoleh nilai probabilitas t-Statistik sebesar 0,0000 yang lebih kecil dari nilai α (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif signifikan yaitu sebesar 2.137641 dari harapan lama sekolah terhadap indeks pembangunan manusia di provinsi Bengkulu. Hal tersebut menunjukan peran pemerintahan Provinsi Bengkulu tetap menopang dalam bidang pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat hasil signifikan yaitu pada uji F digunakan untuk menguji variabel. Berdasarkan hasil estimasi dapat dilihat probability F-statistic sebesar 0,0000. Artinya variabel pendidikan yang digunakan dalam penelitian mempunyai pengaruh besar atau berdampak terhadap variabel dependen yaitu indeks pembangunan manusia di provinsi Bengkulu. Setiap kabupaten pada 9 kabupaten yang memiliki fasilitas sekolah merupakan beberapa indikator yang mempengaruhi peningkatan setiap tahunnya rata-rata lama sekolah pada kabupaten yang ada di provinsi Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada data Rata-rata lama sekolah dah harapan lama sekolah di Provinsi Bengkulu pada tahun 2016-2020 dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua variabel pada penelitian ini berpengaruh terhadap kenaikan tingkat Indeks pembangunan manusia di provinsi Bengkulu. Hal ini berarti perbaikan dan peningkatan rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah akan meningkatkan indeks pembangunan manusia di provinsi Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:02
Last Modified: 01 Aug 2024 08:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19335

Actions (login required)

View Item View Item