Afifah, Linda Nur and Dalifa, Dalifa and Neza, Agusdianita (2022) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD GUGUS 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI LINDA NUR AFIFAH.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas V SDN Gugus 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasy eksperiment). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah SD Gugus 1 Kota Bengkulu, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah SD Negeri 07 Kota Bengkulu dan SD 1 Negeri Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda yang terdiri dari pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis nilai posttest menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis (uji-t) dengan nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia thitung (3,18) > ttabel (1,67) dan nilai mata pelajaran IPA thitung (5,45) > ttabel (1,67). Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas V SD Gugus 1 Kota Bengkulu. Kata kunci: hasil belajar, bahan ajar, multimedia, pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 08:11 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 08:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19340 |
Actions (login required)
View Item |