PERANAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Sikumbang, Rinaldo and Retno, Agustina Ekaputri and Bambang, Agoes Hermanto (2021) PERANAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Rinaldo Sikumbang.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan masyarakat belakangan ini cukup menyita perhatian publik bersamaan dengan pemahaman masyarakat dalam ranah pembangunan. Pembangunan daerah dinilai sangat strategis dalam penerapan pembangunan nasional. Pembangunan merupakan usaha yang sanggup meningkatkan kualitas hidup dengan suatu metode menggunakan sumberdaya alam yang terbatas dan dimiliki oleh wilayah tersebut. Salah satu pembangunan mempunyai tujuan untuk membangun kemandirian, dalam hal ini termasuk pembangunan desa. Tujuan dari adanya BUMDes untuk masyarakat apakah tercapai sesuai dengan kebijakan dari pemerintahan desa. Terlebih penelitian tentang pembangunan desa yang tidak hanya meningkatkan sektor ekonomi tetapi juga sektor sosial masyarakat. Pembangunan masyarakat desa yang tidak hanya berfokus pada peningkatan ekonomi tetapi juga pembangunan sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi BUMDes di Kecamatan Pondok Kelapa dan untuk mendeskripsikan peranan BUMDes terhadap masyarakat di Kecamatan Pondok Kelapa. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden melalui kuesioner dan data sekunder dikumpulkan dari data Dinas Pemberdayaan Masyakat dan Desa serta Badan Pusat Statistik Hasil penelitian ini menunjukan bahwa status Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) semuanya memiliki SK legalitas dan struktur organisasi yang lengkap, setiap BUMDes minimal memiliki 1 jenis usaha. Setiap desa didampingi oleh 1 petugas lapangan, untuk membantu laporan administrasi dan kegiatan usaha. Dalam hal kesejahteraan masyarakat, diuraikan dalam 3 kategori: manfaat ekonomi, manfaat sosial dan manfaat kelembagaan. Ditemukan bahwa masyarakat menerima layanan yang sama dari unit bisnis. BUMDes juga memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari pemerintah desa. Namun, masyarakat merasakan manfaat yang minim pada layanan pendidikan dan kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan untuk beberapa BUMDes menambah unit usaha serta menciptakan produk-produk usaha yang mampu menembus pasaran, BUMDes harus dapat berperan penting terhadap kesejahteraan masyarakatnya dalam peran sosial, ekonomi serta kelembagaan. Lalu untuk pemerintah dapat memperhatikan BUMDes yang ada agar lebih aktif, memperhatikan BUMDes.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:15
Last Modified: 01 Aug 2024 08:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19341

Actions (login required)

View Item View Item