PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SD NEGERI 16 REJANG LEBONG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ramadhani, Nabila Aliya and Pebrian, Tarmizi and Dwi, Anggraini (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SD NEGERI 16 REJANG LEBONG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NABILA ALIYA RAMADHANI (120) PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak saat pembelajaran di rumah bagi anak SD Negeri 16 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua anak sekolah dasar negeri 16 Rejang Lebong. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu data collection, data condensation, data display, dan data verifications. Hasil penelitian ini yaitu peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi anak, 1. Pemberian perhatian, 2. Mengetahui hasil, 3. Memberikan penghargaan/hadiah kepada anak, 4. Menyediakan alat/ fasilitas yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua berperan penting dalam membangkitkan motivasi belajar anak terutama saat pandemi Covid-19, anak akan sangat tertarik jika ada orang tua disamping mereka selama belajar di rumah. Pemberian motivasi penting bagi orang tua agar anak dapat belajar dengan baik di rumah maupun di sekolah, karena orang tua adalah motivator bagi anak dalam membangkitkan motivasi belajar anak sebelum anak dibimbing oleh guru di sekolah. Orang tua harus senantiasa memberikan dorongan kepada anaknya agar mempunyai semangat dalam belajar sebagai penunjang keberhasilan prestasi di sekolahnya. Keywords: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:29
Last Modified: 01 Aug 2024 08:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19348

Actions (login required)

View Item View Item