PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERBASIS MATERI CERITA RAKYAT

Tombati, Panji Putra and Abdul, Muktadir and Pebrian, Tarmizi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERBASIS MATERI CERITA RAKYAT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Panji PT selesai.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan scrapbook cerita rakyat, tingkat kelayakan, respon guru dan siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, Analisys (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Kelayakan media scrapbook didapatkan melalui tahap validasi oleh dua ahli media pembelajaran dan 2 ahli materi dengan nilai rata- rata 81,15% dengan kategori “sangat valid” dan hasil analisis tanggapan guru nilainya mencapai 95,71% dalam kategori “sangat baik”. Rekapitulasi nilai validitas dari ahli dan tanggapan guru didapatkan nilai rata-rata sebesar 90,43%. Rekapitulasi nilai validitas dari ahli dan tanggapan guru didapatkan nilai rata- rata sebesar 90,43%. Hasil tanggapan guru terhadap media scrapbook mendapat skor sebesar 95,71% dalam kategori “sangat baik” dan hasil tanggapan siswa terhadap media scrapbook mendapapat skor sebesar 94,25% dalam kategori “sangat baik”. Rekapitulasi nilai validitas dari tanggapan guru dan tanggapan siswa mendapat nilai sebesar 94,98%. Dengan demikian produk pengembangan Media Scrapbook pada Materi Cerita Rakyat dapat dinyatakan “sangat valid” dan “sangat layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Scrapbook, Cerita Rakyat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:23
Last Modified: 02 Aug 2024 01:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19354

Actions (login required)

View Item View Item