Anggraini, Mesy and Puspa, Djuwita and Dalifa, Dalifa (2022) PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VB SD NEGERI 67 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI PGSD MESY ANGGRAINI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas VB SD Negeri 67 Kota Bengkulu dengan menerapkan model Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar tes kognitif dan lembar observasi aktvitas guru, siswa, afektif, dan psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan pada lembar tes berupa rumus rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal sedangkan pada lembar observasi dengan rumus rata-rata dan persentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik, hal ini terlihat siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memperoleh hasil belajar yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching pada pembelajaran Tematik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri 67 Kota Bengkulu. Kata kunci : Model Reciprocal Teaching, Aktivitas belajar, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 01:26 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 01:26 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19355 |
Actions (login required)
View Item |