Rahmasuci, Viliya and Lukman, Lukman and Feri, Noperman (2022) ANALISIS NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT DALAM PERMAINAN PRAMUKA DI SDN 07 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI VILIYA RAHMASUCI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam permainan pramuka “Rebut dan Rampas” dan “Musang dan Ayam”. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data konsep Miles, Huberman, dan Saldana. Uji kredibilitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik, triangulasi sumber dan member chcek. Hasil dalam penelitian ini adalah adanya nilai karakter yang muncul dalam permainan Rebut dan Rampas yaitu; (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) kreatif. Sedangkan nilai karakter yang muncul dalam permainan Musang dan Ayam yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; (2) bergotong royong; (3) mandiri; (4) kreatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya nilai-nilai karakter dalam permainan “Rebut dan Rampas” dan “Musang dan Ayam” Kata kunci: analisis, nilai karakter, permainan, pramuka
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 01:45 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 01:45 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19359 |
Actions (login required)
View Item |