PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (SISWA KELAS VC SDN 05 KOTA BENGKULU)

Nurkodaria, Ifa and Victoria, Karjiyati and Neza, Agusdianita (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (SISWA KELAS VC SDN 05 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_IFA NURKODARIA_AIG018070_PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa kelas VC SDN 05 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap peaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Instrument yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh rata-rata skor dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor lembar observasi siswa dengan kriteria cukup. Pada siklus II rata- rata skor lembar observasi guru meningkat dengan kriteria baik, dan rata-rata skor lembar observasi siswa meningkat dengan kriteria baik. Hasil nilai tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I dengan rata-rata mencapai kriteria cukup dan ketuntasan klasikalmencapai kriteria cukup. Kemudian pada siklus II hasil nilai tes kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan nilai rata-rata mencapai kriteria baik dan ketuntasan klasikalmencapai kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VC SDN 05 Kota Bengkulu. Kata kunci: PBL, Matematika, Aktivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:47
Last Modified: 02 Aug 2024 01:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19360

Actions (login required)

View Item View Item