PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 24 BENGKULU SELATAN

Putri, Suci Ananda and Herman, Lusa and Feri, Noperman (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 24 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_SUCI ANANDA PUTRI_A1G018026.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model Problem Based Learning berbantuan media audio visual, untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran tematik, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 24 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah 16 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 4 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai (mean) dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual. Hal tersebut dibuktikan dari hasil skor aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata skor 32,5 (kategori baik) dan siklus II meningkat menjadi 45 (kategori sangat baik). Hasil skor aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata skor 31,5 (kategori baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 43(kategori sangat baik). Hasil tes evaluasi pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,37 dengan ketuntasan klasikal 56,25%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,75 dan ketuntasan klasikal 87,5%. Muatan pelajaran IPA pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68,75 dengan ketuntasan klasikal 62,50%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,87 dan ketuntasan klasikal 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas V SDN 24 Bengkulu Selatan. Kata kunci : Problem Based Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:56
Last Modified: 02 Aug 2024 01:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19363

Actions (login required)

View Item View Item