PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN 45 Kota Bengkulu)

Herlina, Teta and Sri, Dadi and Panut, Setiono (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN 45 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_TETA HERLINA_A1G018087_PGSD 2018.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar siswa di kelas IVA SD Negeri 45 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 45 Kota Bengkulu yang berjumlah 19 siswa, terdiri daro 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Lembar Observasi dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan Lembar Observasi yang menggunakan rumus skor rata-rata, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap skor. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan presentase ketuntasan belajar. Hasil rata-rata penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siklus I diperoleh skor 62,50 kategori cukup. Meningkat pada siklus II diperoleh skor 89,50 kategori sangat baik. Hasil rata-rata sikap kerja sama siswa pada siklus I diperoleh skor 7,38 kategori cukup. Meningkat pada siklus II diperoleh skor 13,53 kategori sangat baik. Hasil belajar siklus I pada mata pelajaran IPS memperoleh nilai rata-rata kelas 69,74 dengan ketuntasan klasikal 63,16%. Meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas 81,84 dengan ketuntasan klasikal 89,47%. Mata pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh nilai rata-rata kelas 70,92 dengan ketuntasan klasikal 57,89%. Meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas 83,82 dengan ketuntasan klasikal 89,47%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di Kelas IVA SD Negeri 45 Kota Bengkulu, Kata Kunci : Make a Match. Kerjasama, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:59
Last Modified: 02 Aug 2024 01:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19364

Actions (login required)

View Item View Item