PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN KEPEDULIAN MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN PPKN SISWA KELAS VA SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU

Dianti, Tri and Puspa, Djuwita and Lukman, Lukman (2022) PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN KEPEDULIAN MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN PPKN SISWA KELAS VA SD NEGERI 68 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_TRI DIANTI_A1IG018029_PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian melalui pembelajaran tematik bermuatan PPKn siswa kelas Va SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru kelas VA dan kepala sekolah. Instrumen penelitian adalah menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui Data Colection (Pengumpulan Data), Data Reducation (Redukasi Data), Data Display (Penyajian Data), Consclusion Drawing/verification. Hasil penelitian ini adalah: a) peran guru sebagai pembimbing dalam perencanaan tujuan pembelajaran dibuat oleh guru sesuai dengan analisis kurikulum, KI dan KD yang sudah dianalisis untuk membimbing siswa kelas Va dalam menanamkan karakter tanggung jawab dan kepedulian. b) peran guru sebagai pembimbing dalam memaknai pembelajaran pada penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian yaitu yang dilakukan guru dalam pembelajaran melalui metode pembiasaan. c) dalam evaluasi pembelajaran pada penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian guru melakukan penilaian sikap. Kemudian berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa guru sudah membuat RPP, dalam melaksanakan pembelajaran guru dipandu oleh RPP yang dibuat serta guru menguasai materi saat proses belajar mengajar berlangsung. Guru juga dalam mengajar sudah menamakan karakter tanggung jawab dan kepedulian melalui metode pembiasaan sehingga siswa menanamkan pembiasaan perilaku-perilaku baik, mengerjakan tugas tepat waktu, piket kelas sesuai jadwal, mengerjakan tugas sendiri-sendiri, mengerjakan tugas kelompok secara bersama-sama dan membuang sampah pada tempatnya Dan dalam mengevaluasi pembelajaran pada penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian guru melakukan penilaian sikap setiap hari pada saat pembelajaran atau setelah pembelajaran pada siswa. Kata Kunci: Penanaman Karakter,Tanggung Jawab, Kepedulian

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:02
Last Modified: 02 Aug 2024 02:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19365

Actions (login required)

View Item View Item