ANALISIS TEMA DAN REMA PADA CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Rofiatul., Khofifah, Anisa and Dian Eka Chandra, Wardhana and Irma, Diani (2023) ANALISIS TEMA DAN REMA PADA CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ANISA ROFIATUL KHOFIFAH A1A018047 - Anissa Rofi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan analisis bentuk dan fungsi tema rema pada cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis wacana. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis wacana yang dilakukan adalah pertama membaca dokumen cerpen siswa, kedua mengidentifikasi bagian tema dan rema, ketiga menganalisis tema dengan teori Matthiessen tahun 2014 yaitu Tema merupakan sebuah titik awal di mana pesan tersebut disampaikan atau menjadi subjek kalimat, keempat analisis rema dengan teori Matthiessen tahun 2014 Rema dapat dikatakan sebagai pesan yang akamn disampaikan, sehingga yang ditulis setelah tema adalah rema, dan yang terakhir adalah menyimpulkan hasil analisis yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis tema yang ada pada cerpen siswa yaitu berupa tema topikal (bermarkah dan tak bermarkah), tema tekstual dan tema interpersonal, namun di dalam cerpen tersebut didominasi dengan tema topikal tak bermarkah, sedangkan rema yang terdapat pada cerpen siswa berupa rema berekor dan rema tak berekor, pada rema cerpen tersebut didominasi dengan rema tak berekor. dapat disimpulkan bahwa perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah pada penelitian sebelumnya struktur tema-rema yang tersusun dalam teks abstrak kalimat deklaratif mempunyai pengaturan yang konsisten, sedangkan struktur tema rema pada cerpen siswa tidak konsisten atau tidak beraturan. Kata Kunci: Analisis wacana, cerpen siswa, pembelajaran cerpen, rema, tema.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:15
Last Modified: 02 Aug 2024 08:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19405

Actions (login required)

View Item View Item