PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX.1 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Agustina, Silvia and Agus, Joko Purwadi and Gumono, Gumono (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX.1 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI BEBAS PERPUS UNIB_SILVIA AGUSTINA_A1A018065 - Silvia Agustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran video animasi powtoon dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas IX.1 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kota. Data yang didapat dalam penelitian ini berupa data yang didapat dengan kegiatan observasi dan juga dengan cara memberikan selebaran pertanyaan seputaran penerapan media pembelajaran video animasi PowToon, dan sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu, guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri 4 kota Bengkulu dan 32 siswa kelas IX.1 SMP Negeri 4 kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penerapan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran menulis cerpen ini membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran, Sebelum melakukan proses pembelajaran peneliti melakukan koordinasi terlebih dahulu kepada guru untuk materi yang akan dibuat agar sesuai dengan proses pembelajaran, setelah melakukan koordinasi dengan guru peneliti baru membuat media pembelajaran video animasi powtoon yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran ini melalui beberapa tahap yaitu tahap konsep awal, praproduksi, produksi, dan pasca produksi. 2) Pada saat proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran video siswa mampu menentukan struktur dan aspek kebahasaan dari cerpen “Abercio” yang telah ditayangkan melalui media pembelajaran video animasi powtoon, siswa mampu mamahami materi pembelajaran dengan baik, dapat dilihat ketika siswa mampu membuat sebuah teks cerpen yang mereka buat sendiri dan kemudian mempresentasikannya di depan kelas. Media pembelajaran video animasi powtoon ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran namun masih ada media pembelajaran yang lebih baik dan efektif dari powtoon itu sendiri. Karena mengingat masih ada beberapa siswa yang mengatakan bahwa powtoon tidak berpengaruh dalam keterampilan menulis mereka. Kata kunci: Penerapan, Video Animasi Powtoon, Menulis Cerpen

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:20
Last Modified: 02 Aug 2024 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19408

Actions (login required)

View Item View Item