PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI TEKS FABEL BERBASIS NILAI NILAI LOKAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Ulandari, Perti and Ria, Ariesta and Padi, Utomo (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI TEKS FABEL BERBASIS NILAI NILAI LOKAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Perti Ulandari A1A018096..._compressed - Perti Ulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis nilai-nilai lokal untuk siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu untuk mengetahui respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis nilai-nilai lokal untuk siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Model yang digunakan merupakan model ADDIE mempunyai 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Development), Implementasi (Implementation). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap implementasi. Tahap analisis kebutuhan dan kinerja serta wawancara oleh guru dapat diambil kesimpulan bahwa kebutuhan akan LKPD teks fabel menginginkan LKPD yang memiliki langkah kerja, contoh pengerjaan tugas yang diberikan, serta cerita fabel yang bermuatan lokal terdapat materi secara ringkasan dan bagian refleksi gar siswa dapat menjelasakan pemahaman mereka tentang materi teks fabel.Tahap perancangan melakukan penyusunan LKPD berbasis nilai- nilai lokal yang di rancang dalam tahap ini ialah sampul dari LKPD, kata pengantar, daftar isi, kompetensi dasar dan kompetensi inti, tujuan pemeblajaran, petunjuk penggunaan LKPD, kegiatan I sampai IV, refleksi, lembar pertanyaan serta referensi.Tahap pengembangan melakukan pembuatan produk LKPD yang sudah dirancang dan melakukan validasi oleh dosen ahli mendapat skor penilaian dari validator mendapatkan nilai 3,7 dengan kriteria valid dan nilai 3,6 dengan kriteria valid kemudian melakukan revisis produk. Kemudian tahap implementasi dilakukan uji coba kelompok kecil dan besar untuk mengetahui kemenarikan LKPD yang diujikan pada 20 siswa SMP 15 Kota Bengkulu dan mendapatkan hasil pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase kemenarikan LKPD 93% dengan kriteria sangat menarik. Uji coba lapangan didapat persentase kemenarikan LKPD 93,3% dengan kriteria sangat menarik. Dari hasil validasi ahli dan uji coba produk maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis nilai-nilai lokal untuk siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci: LKPD, NILAI-NILAI LOKAL, FABEL.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:38
Last Modified: 02 Aug 2024 08:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19415

Actions (login required)

View Item View Item