PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX SMPN 4 KOTA BENGKULU

Yaniarti, Yaniarti and Agus, Joko Purwadi and Catur, Wulandari (2023) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX SMPN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Yaniarti_A1A018070_perpus UNIB - Yaniarti 14.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pengaturan pembelajaran yang menarik telah dilakukan dengan baik pada pembelajaran menulis di SMPN 4 Kota Bengkulu sehingga meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks cerpen kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, guru telah memuat lengkap keseluruhan komponen RPP meliputi meliputi identitas, KI & KD, perumusan indikator, perumusan tujuan pembelajaran, materi ajar, sumber belajar, media belajar, model belajar, metode belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. Semua aspek RPP telah dimuat lengkap dalam RPP yang disusun oleh guru berdasarkan penilaian analisis RPP, hal ini sesuai karena RPP yang disusun guru merupakan hasil modifikasi dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Pada tahap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu: eksplorasi, elaborasi, dan penutup. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning, namun penggunaan model tersebut dinilai kurang cocok dengan pelaksanaan pembelajaran keterampilan. Penilaian pembelajaran yang dilakukan telah sesuai dengan teknik penilaian berdasarkan Kurikulum 2013, guru telah melakukan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kata Kunci: Cerpen, Keterampilan Menulis, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, dan Perencanaan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:14
Last Modified: 02 Aug 2024 09:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19421

Actions (login required)

View Item View Item