NILAI-NILAI KEHIDUPAN PADA CERPEN PEMENANG PEKSIMINAS XIV 2018 DI YOGYAKARTA BERJUDUL “MBAH MARINAH” DAN CERPEN “SOSROWIJAYAN KULON GANG TIGA” (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA)

Dewi, Luh Tri Retna and Amril, Canrhas and Yayah, Chanafiah (2023) NILAI-NILAI KEHIDUPAN PADA CERPEN PEMENANG PEKSIMINAS XIV 2018 DI YOGYAKARTA BERJUDUL “MBAH MARINAH” DAN CERPEN “SOSROWIJAYAN KULON GANG TIGA” (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_luh tri retna dewi (A1A016046) - Luhtri retnadewi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Nilai-nilai kehidupan (2) Relevansi antara naskah cerpen Mbah Marinah dan Sosrowijayan Kulon Gang Tiga dengan kehidupan sosial masyarakat jawa berdasarkan buku etika Jawa karya Franz Magnis Suseno. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Metode Deskriptif. Data Penelitian ini adalah Tulisan Bahasa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah Teknik Pustaka. Langkah-langkah yang dilakukan dalam menganalisis data meliputi membaca secara cermat, teliti, dan berulang kali, menandai data struktural dan nilai-nilai yang dianalisis, mengidentifikasi hasil analisih pada nilai-nilai kehidupan dalam cerpen, mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Di lihat dari tindak, tutur, prilaku, sikap, dan kepasrahannya cerpen mbah Marinah mewakili atau menggambarkan wanita jawa yang mengerti tentang arti kehidupan serta nilai-nilai kehidupan. Penulis dapat mengambil nilai bahwa bekerja harus didasari dengan keikhlasan serta ketulusan hati sehingga apa yang kita kerjakan dapat bermanfaat bagi orang lain. Sedangkan Cerpen Sosrowijayan Kulon Gang Tiga nilai atau teladan yang dapat diambil dari cerpen ini adalah upaya Surti mempertahankan rumah tangga dan menopang kelangsungan hidup rumah tangganya, hal ini dapat dilihat dari kesetiaan Surti yang tetap mendapingi suaminya dalam keadaan stroke dan bekerja demi memenuhi kebutuhan hidupnya walaupun pekerjaan yang dipilih tidak sesuai dengan norma kehidupan yaitu Kembali menjadi seorang pekerja seks komersial. Dalam cerpen ini penulis dapat mengambil nilai kesetiaan dan tanggung jawab dalam membangun kehidupan rumah tangga. (2)Relevansi nya dengan kehidupan cerpen tersebut adalah bahwa kedua cerpen ini memperlihatkan bahwa hidup ini harus mensyukuri apa yang ada, tidak selalu berarti banyak uang, meski sedikit tetap berbagi serta bertanggung jawab dan setia dalam membangun rumah tangga. Kata kunci: nilai-nilai kehidupan, cerpen mbah Marinah, cerpen Sosrowijayan Kulon Gang Tiga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:23
Last Modified: 02 Aug 2024 09:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19425

Actions (login required)

View Item View Item