PENGEMBANGAN APLIKASI BUKU SAKU MATERI PLANTAE KELAS X SMA BERDASARKAN IDENTIFIKASI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA RAJA LELO

Lukito, Aji Abdul Rasyid and Abas, Abas and Kasrina,, Kasrina, (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI BUKU SAKU MATERI PLANTAE KELAS X SMA BERDASARKAN IDENTIFIKASI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA RAJA LELO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
AJI ABDUL RASYID LUKITO A1D017083 - SKRIPSI V7_compressed - Aji Lukito.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan aplikasi buku saku berbasis android mengenai materi tumbuhan paku berdasarkan hasil identifikasi keanekaragaman jenis tumbuhan paku di kawasan Taman Hutan Raya Raja Lelo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) menggunakan model Borg and Gall (1983) namun hanya digunakan oleh peneliti sampai tahap lima (revisi produk utama). Hasil identifikasi ditemukan 11 jenis tumbuhan paku. Famili yang paling banyak ditemukan adalah Pteridaceae, yang kedua adalah Polypodiaceae, dan famili lainnya masing-masing hanya ditemukan 1 spesies saja tiap famili-nya. Aplikasi yang dikembangkan telah diuji kevalidan dan kepraktisannya oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi pembelajaran (guru biologi). Hasil validasi oleh ahli media yakni 4,00 dengan persentase 100%, hasil validasi oleh ahli materi yakni 3,81 dengan persentase 95,37%, dan hasil kepraktisan oleh praktisi pembelajaran yakni 3,80 dengan persentase 95,16%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, aplikasi buku saku yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai tambahan bahan ajar biologi. Kata Kunci: Tumbuhan Paku, Keanekaragaman, Taman Hutan Raya Raja Lelo, Aplikasi Android, Buku Saku.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:41
Last Modified: 02 Aug 2024 09:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19431

Actions (login required)

View Item View Item