PENGEMBANGAN MODEL HUBUNGAN BEBERAPA KARAKTERISTIK AIR TANAH DENGAN DISTRIBUSI UKURAN PARTIKEL PADA UNIT LAHAN DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Diki, Kurniawan and Bandi, Hermawan and Anandyawati, Anandyawati (2022) PENGEMBANGAN MODEL HUBUNGAN BEBERAPA KARAKTERISTIK AIR TANAH DENGAN DISTRIBUSI UKURAN PARTIKEL PADA UNIT LAHAN DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi - Diki Kurniawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kapasitas penyediaan dan ketersediaan air tanah untuk pertumbuhan tanaman sangat mempengaruhi keberhasilan budidaya pertanian. Ketersediaan air tanah pada suatu lahan berhubungan dengan karakteristik tanah, khususnya tekstur dan bahan organik tanah. Informasi tingkat ketersediaan air tanah sangat diperlukan. Namun, selama ini informasi kemampuan tanah untuk menyediakan air dilakukan melalui pengukuran yang tidak dapat mencakup satu wilayah yang luas. Penelitian ini untuk menduga ketersediaan air tanah dengan menggunakan variabel tunggal, semisal tekstur tanah agar dapat diperoleh gambaran ketersediaan air tanah untuk satu kawasan yang relatif luas. Tujuan penelitian ini untuk menemuk dan mengembangkan model pengaruh tekstur tanah, kandungan C�organik tanah dan penggunaan lahan terhadap permeabilitas, kapasitas memegang air tanah (water holding capacity) dan batas cair (liquid limit). Penelitian dilakukan dengan pengambilan sampel tanah sejumlah 43 sampel tanah utuh dan terganggu pada tiga penggunaan lahan, yaitu pemukiman, perkebunan dan hutan. Analisis dan pengujian model menggunakan teknik Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Berdasarkan hasil model final dapat disimpulkan bahwa a) tekstur tanah mempengaruhi kapasitas memegang air tanah (p-value < 0,01) dan batas cair tanah (p-value < 0,01), b) penggunaan lahan mempengaruhi permeabilitas tanah (p-value = 0,04) dan kapasitas memegang air tanah (p-value = 0,03), c) kandungan C-organik tanah mempengaruhi permeabilitas tanah (p value < 0,01), dan d) permeabilitas tanah memempengaruhi kapasitas memegang air tanah (p-value < 0,01).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Soil Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:25
Last Modified: 05 Aug 2024 02:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19438

Actions (login required)

View Item View Item