Sari, Febrin Puspita and Syahriman, Syahriman and Sri, Saparahayuningsih (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING BENTUK KATARSIS TERHADAP PENINGKATAN PENGENDALIAN EMOSI PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 9 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI FEBRIN PUSPITA SARI PERPUS - Febrin Puspita.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik expressive writing bentuk katarsis terhadap peningkatan pengendalian emosi siswa kelas VII B SMP Negeri 9 Bengkulu Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 9 Bengkulu Tengah yang berjumlah 30 orang siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 6 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji t. Hasil penelitian yaitu 1. Pengendalian emosi siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik expressive writing bentuk katarsis tergolong rendah. 2. Pengendalian emosi siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok tergolong tinggi. 3. Terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik expressive writing bentuk katarsis terhadap peningkatan pengendalian emosi siswa kelas VII B SMP Negeri 9 Bengkulu Tengah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t = -11,511 dengan taraf signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga ditolak diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik expressive writing bentuk katarsis terhadap peningkatan pengendalian emosi siswa dikelas VII B SMP Negeri 9 Bengkulu Tengah. Kata kunci : Pengendalian Emosi, Konseling Kelompok, Teknik Expressive Writing bentuk Katarsis
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:07 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19446 |
Actions (login required)
View Item |