PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 01 LEBONG

Almunawarah, Liza and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Rita, Sinthia (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 01 LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FIXS LIZA ALMUNAWARAH - Liza Al Munawarah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan perilaku prososial pada siswa kelas VIII MTs Negeri 01 Lebong. Metode pada penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A di MTs Negeri 01 Lebong berjumlah 30 orang siswa dengan sampel penelitian berjumlah 10 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Teknik Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan model skala Likert. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji t (paired sampel test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perilaku prososial siswa setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik sebagai treatment. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil nilai t = -5.361 dan sig (2-tailed) 0.000. Artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap layanan bimbingan kelompok dengan modeling simbolik untuk meningkatkan perilaku prososial siswa. Kata kunci: perilaku prososial, bimbingan kelompok, teknik modeling simbolik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:18
Last Modified: 05 Aug 2024 04:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19449

Actions (login required)

View Item View Item