PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM-FREE TALK TERHADAP PEER PRESSURE PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 4 KOTA BENGKULU

Dinah, Mu’adzah and Syahriman, Syahriman and Arsyadani, Mishbahuddin (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM-FREE TALK TERHADAP PEER PRESSURE PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MU'ADZAH DINAH_A1L017004 - muadzah dinah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik problem-free talk terhadap peer pressure pada siswa kelas VII di SMP N 4 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 di SMP N 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 34 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII B berjumlah 6 siswa yang memiliki tingkat keberanian menolak tekanan teman sebaya (peer pressure) rendah. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan Uji (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan adanya peningkatan keberanian menolak tekanan teman sebaya (peer pressure) siswa setelah diberikannya layanan konseling kelompok menggunakan teknik problem-free talk. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -8,648 artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keberanian menolak tekanan teman sebaya (peer pressure) siswa sebelum dan sesudah diberikannya layanan konseling kelompok menggunakan teknik problem-free talk siswa kelas VII SMP N 4 Kota Bengkulu. Kata Kunci : problem-free talk, konseling kelompok, peer pressure

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:24
Last Modified: 05 Aug 2024 04:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19452

Actions (login required)

View Item View Item