PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN SIMULASI PhET DAN QR CODE PADA MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Yunita, Mira and Irwan, Koto and Eko, Risdianto (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN SIMULASI PhET DAN QR CODE PADA MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi Mira Yunita A1E018047 - Mira Yunita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kelayakan bahan ajar berbantuan simulasi PhET dan QR Code pada materi teori kinetik gas untuk melatihkan kemampuan berfikir tingkat tinggi yang telah dikembangkan, dan (2) Mengetahui persepsi siswa bahan ajar berbantuan simulasi PhET dan QR Code pada materi teori kinetik gas untuk melatihkan kemampuan berfikir tingkat tinggi yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yakni define, design, dan development. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 75 orang siswa kelas XI dari 3 sekolah yaitu SMAN 2 Kota Bengkulu, SMAN 1 Kota Bengkulu, dan SMAN 8 Kota Bengkulu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dilihat pada uji validitas oleh tim ahli dengan persentase nilai rata-rata sebesar 0,801% dan reliabilitas antar validator sebesar 0,677 kriteria baik sehingga bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai refrensi bahan ajar tambahan dan menghasilkan persepsi siswa dengan persentase nilai rata-rata sebesar 8370% yang berada pada kategori baik. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, bahan ajar, simulasi PhET , Berfikir HOTS, Teori Kinetik Gas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:26
Last Modified: 05 Aug 2024 08:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19464

Actions (login required)

View Item View Item