PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Kota Bengkulu)

Lara Shinta, Dien and Ridwan, Nurazi and Kamaludin, Kamaludin (2021) PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi (Dien Lara Shinta - C1B017008).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman gaya hidup terus berkembang dan berubah, era globalisasi memiliki pengaruh yang besar di kehidupan masyarakat yang menyebabkan terjadinya perubahan positif maupun negatif. Teknologi berkembang sangat pesat dan salah satu diantaranya adalah teknologi informasi. Dengan adanya teknologi dan perkembangan zaman membawa perubahan pada kebiasaan menggunakan uang. Mahasiswa sebagai remaja lebih senang untuk berbelanja, menghabiskan seluruh uang yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan sosialisasi atau pergaulan dan mengikuti tren fashion. Perilaku mahasiswa yang cenderung konsumtif mampu menyebabkan berbagai perilaku keuangan yang tidak baik seperti, kurangnya kegiatan menabung, investasi, perencanaan dana darurat dan penganggaran dana untuk masa depan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonis, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa di kota Bengkulu. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: manajemen keuangan pribadi, gaya hidup hedonis, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Manajemen keuangan pribadi adalah proses perencanaan, analisa dan pengendalian kegiatan keuangan (Gitman, 2002). Gaya hidup adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktifitas, minat dan opininya (Kotler dan Keller, 2012). Kecerdasan emosi adalah suatu kemampuan seseorang yang didalamnya terdiri dari berbagai kemampuan untuk dapat memotivasi diri sendiri, bertahan menghadapi frustasi, mengendalikan impulsive needs atau dorongan hati, tidak melebih-lebihkan kesenangan maupun kesusahan, mampu mengatur reactive needs, menjaga agar tidak stress, tidak melumpuhkan kemampuan berfikir dan kemampuan untuk berempati pada orang lain, serta adanya prinsip berusaha dan berdoa (Goleman, 2007). Kecerdasan spiritual sebagai rasa moral, kemampuan menyesuaikan aturan yang kaku dibarengi dengan pemahaman dan cinta serta kemampuan untuk melihat kapan cinta dan pemahaman sampai pada batasannya (Zohar dan Marshall, 2001). Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online. Kuesioner disebarkan kepada 56 mahasiswa Universitas Bengkulu, 12 mahasiswa Universitas Dehasen Bengkulu, 24 mahasiswa Universitas Muhamadiyah Bengkulu dan 8 mahasiswa Universitas Prof. Dr. Hazairin Bengkulu. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan Software Statiscal Package for Social Science (SPSS) versi 22.0. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Gaya hidup hedonis berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. 2) Kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. 3) Kecerdaan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:46
Last Modified: 05 Aug 2024 08:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19473

Actions (login required)

View Item View Item