PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) KELAS VII PADA METERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMPN 13 KOTA BENGKULU

Cantika, Pricilia Debi and Endang, Widi Winarni and Deni, Parlindungan (2023) PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) KELAS VII PADA METERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMPN 13 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PRICILIA DEBI C(A1M018052) - Pricilia Debi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal berbasis Higher Order Thinking Skill HOTS yang valid secara logis, valid secara empiris, serta mengetahui profil jawaban siswa pada materi kalor dan perpindahannya yang layak untuk digunakan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B dengan jumlah keseluruhan berjumlah 54 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengumpulan data dengan uji coba produk soal draft I, kemudian soal draft I di validasi oleh validasi ahli materi, konstruksi, dan bahasa, kemudian diuji kevalidan soal serta melihat profil jawaban siswa kemudian data dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif. Soal-soal HOTS hasil pengembangan bahwa telah valid secara logis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa dengan kategori sangat valid. Soal-soal HOTS hasil pengembangan bahwa telah valid secara empiris ditinjau dari validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda, dan fungsi pengecoh dari tinjauan itu draft soal I berjumlah 20 soal setelah di uji empiris dan dianalisis validitas, reliabilitas, indek kesukaran, daya beda, dan fungsi pengecohnya maka soal yang kualitas memenuhi ada 8 soal. Untuk profil jawaban siswa dilihat dari perjenjang kognitif. Kata kunci: Pengembangan soal HOTS, Kalor dan Perpindahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:13
Last Modified: 06 Aug 2024 02:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19481

Actions (login required)

View Item View Item