REKONSTRUKSI BAHAN AJAR IPA BERBASIS MER (Model of Educational Reconstruction) TENTANG PENGETAHUAN LOKAL MASYARAKAT PADA TANAMAN JARAK PAGAR TERINTEGRASI MATERI PARTIKEL PENYUSUN BENDA DAN MAKHLUK HIDUP

Fadhilah, Annisa Alya and Euis, Nursaadah and Indra, Sakti (2023) REKONSTRUKSI BAHAN AJAR IPA BERBASIS MER (Model of Educational Reconstruction) TENTANG PENGETAHUAN LOKAL MASYARAKAT PADA TANAMAN JARAK PAGAR TERINTEGRASI MATERI PARTIKEL PENYUSUN BENDA DAN MAKHLUK HIDUP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi-Annisa Alya Fadhilah_compressed - Annisa Alya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran yang dapat digunakan dengan pendekatan etnosains. Pembelajaran yang memadukan etnosains dan sains ilmiah mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep sains ilmiah dan pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan merekonstruksi bahan pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan pengetahuan lokal jarak pagar (Jatropha curcas L) menggunakan MER (Model of Educational Reconstruction). Prosedur pengembangan bahan ajar menggunakan model RnD (Research and Development) dengan 3 tahapan, yaitu Define, Design, dan Develop. Berdasarkan hasil analisis konsepsi peserta didik pada tahap define, sebanyak 62,68% peserta didik tidak paham konsep terhadap materi tersebut, sehingga perlu dimunculkan konteks etnosains dalam bahan ajar agar peserta didik lebih memahami konsep. Berdasakan hasil validasi para ahli dengan mendapatkan skor 0,895 dan 0,87 dengan kriteria layak dan bisa digunakan. Kata Kunci: MER, bahan ajar, etnosains, Jarak pagar ( Jatropha curcas L)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:16
Last Modified: 06 Aug 2024 02:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19483

Actions (login required)

View Item View Item