PENGARUH REPRESENTATIVENESS BIAS DAN HERDING BEHAVIOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA INVESTOR SAHAM DI BENGKULU)

Purnama Sari, Ega and Chairil, Afandy and Kamaludin, Kamaludin (2021) PENGARUH REPRESENTATIVENESS BIAS DAN HERDING BEHAVIOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA INVESTOR SAHAM DI BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi Ega Cetak fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Keputusan investasi merupakan suatu kapabilitas atau keputusan yang diambil untuk menanamkan modal pada satu aktiva atau lebih untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Investor seringkali bimbang bila ingin melakukan investasi atas dana yang dimiliki. Kebimbangan investor dikarenakan kurangnya sumber informasi yang menjabarkan instrumen investasi. Dari kebimbangan itu sendiri, investor pun sukar untuk membuat keputusan investasi. Faktor-faktor psikologis memiliki dampak yang signifikan terhadap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh seorang investor di pasar saham (Bakar dan Yi, 2016). Dalam penelitian Riaz (2020) ditemukan bahwa perilaku herding dan heuristic menjadi pengaruh tertinggi terhadap keputusan investor pada saat krisis pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah representativeness bias dan herding behavior berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi pada investor di Bengkulu pada saat pandemi COVID-19. Representativeness bias merupakan pengambilan keputusan dengan pemikiran stereotip atau paritas yang akan menyebabkan investor membuat keputusan keuangan yang menyimpang (Sina, 2014). Representativeness bias umumnya terjadi karena kerangka emosi yang tidak sempurna ketika memproses informasi baru (Pompian, 2006). Sedangkan herding behavior merupakan perilaku yang dilakukan oleh investor dengan mengikuti investor lainnya. (Mutawally dan Asandimitra, 2019). Herding terjadi kepada investor dikarenakan terdapat informasi yang serupa antar investor sehingga melakukan pengambilan keputusan yang sama, dan terjadi kepada investor yang memiliki informasi yang berbeda namun investor tersebut mengabaikan informasi miliknya dan mengikuti investor lainnya (Setiawan et al., 2018). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersumber pada data primer dengan pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner secara online untuk mendapatkan informasi para responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh investor di Bengkulu. Sampel pada penelitian ini 390 responden. Pengolahan data penelitian ini menggunakan alat statistik SPSS for windows 21 dan pengujian kuesioner penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode analisis regresi berganda, uji f, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data yang dilakukan menghasilkan seluruh item pernyataan untuk variabel dalam penelitian ini valid dan reliabel. Dalam pengujian hipotesis dihasilkan bahwa: 1) representativeness bias berpengaruh positif atau signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi, 2) herding behavior berpengaruh

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:17
Last Modified: 06 Aug 2024 04:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19500

Actions (login required)

View Item View Item