PELAKSANAAN SISTEM PENILAIAN AKREDITASI (SISPENA) SECARA ONLINE OLEH ASESI AKREDITASI (Studi Kasus Pada Tiga PKBM Di Kota Bengkulu Yang Sudah Mengikuti Pelatihan Dari BAN Pusat)

Nopiana, Helda and Rufran, Zulkarnain and Sofino, Sofino (2023) PELAKSANAAN SISTEM PENILAIAN AKREDITASI (SISPENA) SECARA ONLINE OLEH ASESI AKREDITASI (Studi Kasus Pada Tiga PKBM Di Kota Bengkulu Yang Sudah Mengikuti Pelatihan Dari BAN Pusat). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF helda nopiana 009 pnf - Helda Noviana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pengisian Sistem Penilain Akreditasi (Sispena) bagi tiga PKBM yang mengikuti pelatihan Piloting yang di selenggarakan Badan Akredutasi PAUD dan PNF Pusat . Latar belakang penelitian ini ingin mengetahui proses lembaga dalam mengakses aplikasi Sistem Penilain Akreditasi (Sispena) dari tahapan login menggunkan NPSN sampai pada tahap upload dokumentas program lembaga. Metode penelitian ini, penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik, subjek penelitian adalah ketua PKBM Kapuas Indah, Ketua PKBM Songgo Langit dan Oprator PKBM PP Hidayatul Qomariah, ketiga subjek tersebut adalah peserta piloting aplikasi Sisepna 3.0. Landasan teori yang digunakan yaitu panduan pengisian aplikasi sispena dari BAN Pusat. Adapun yang didapat dari penelitian ini yaitu pertama lembaga tidak mengalami kendala dalam menginput user name dan pasword lembaga, login menggunkan user name dan NPSN yang terdaptar di Dapodik dan yang dipersiapkan pihak lembaga untuk menginput user name dan pasword NPSN yang terdaptar di Dapodik, kedua yang di persiapkan lembaga untuk mengecek profil lembaga singkron dengan Dapodik yakni lembaga harus upload data di Dapodik sesuai dengan data terbaru lembaga, ketiga data yang di update seperti program pembelajaran, kepengurusan dan warga belajar dan kelancaran asesi dan lembaga harus update data program lembaga di aplikais sispena. Keempat uuntuk menginput data EDS-PA dapat yang perlu dipersiapkan lembaga adalah Kurikulum Tingkat Satuan Penddiikan (KTSP). Kelima faktor penghambat apabila lembaga tidak update data di Dapodik dan sispena maka lembaga tidak dapat mengajukan akredotasi dan keenam faktor pendukung dalam mengakses aplikasi sispena yaitu lembaga sudah mendapatkan pelatihan piloting aplikasi sipena. Kata Kunci : Sispena, Dapodik, Akreditasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:10
Last Modified: 06 Aug 2024 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19505

Actions (login required)

View Item View Item