PROFIL BAPAK IDMAN SEBAGAI PENGUSAHA PEMASARAN PAKAN IKAN DI DESA DARAT SAWAH KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Darwis, Roby and M. Ilham, Abdullah and Citra, Dwi Palenti (2023) PROFIL BAPAK IDMAN SEBAGAI PENGUSAHA PEMASARAN PAKAN IKAN DI DESA DARAT SAWAH KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ROBY DARWIS A1J0180311 2344 - Roby Darwis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan profil bapak Idman sebagai pengusaha pemasaran pakan ikan di Desa Darat Sawah Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan latar belakang bapak Idman dalam usaha pemasaran pakan ikan. Cara bapak Idman memperoleh keterampilan berwirausaha dalam usaha pemasaran pakan ikan. Tanggapan keluarga, teman-teman, dan masyarakat sekitar terhadap usaha pemasaran pakan ikan milik bapak Idman. Wujud Pencapaian keberhasilan bapak Idman dalam usaha pemasaran pakan ikan. Faktor pendukung dan penghambat bapak Idman dalam usaha pemasaran pakan ikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu, subjek, dan teknik. Hasil Penelitian ini yaitu latar belakang Bapak Idman kelahiran Ganjuh, 11 September 1968 meski lulus SMP dari keluarga sederhana. Mendapatkan keterampilan berwirausaha dari kakeknya, bapak Sutarman Dan media sosial. Dalam manajemen keuangan mencatat pengeluaran, pemasukan, dan mengawasi arus kas. Dalam berkomunikasi mendengarkan, memahami, menganalisis masalah dan menentukan kepentingan dari tiap pihak yang terlibat. Sedangkan dalam memimpin usahanya selalu memahami, bersikap adil, dan tidak membeda-bedakan. Dalam manajemen waktu mengecek kondisi pakan di gudang, kolam, dan pengantaran pakan. Tanggapan keluarga, teman, dan masyarakat sekitar sangat mendukung banyak yang termotivasi. Bentuk Pencapaian keberhasilan bapak Idman, memiliki 50 pelanggan, 2 pemasok, kolam pembibitan dan pembesaran ikan. Untuk Pendapat dilihat dari 1 Januari- 31 Desember 2021 pada laporan laba rugi Rp 2.349.752.500. dan mengalami kenaikan modal dilihat dari laporan perubahan ekuitas menunjukkan modal awal 1 Januari 2021 Rp 974.250.000 dan laporan laba rugi keuntungan/laba Rp 2.349.752.500 sehingga terjadi perubahan ekuitas modal akhir bertambah Rp 3.324.002.500. Faktor pendukung internal dan eksternal termotivasi dan bersemangat mengembangkan usaha, dan didukung keluarga, teman, maupun masyarakat sekitar. Sedangkan faktor penghambat internal dan eksternal lupa menjaga kesehatan, banyak beban dan pikiran sehingga tidak fokus dengan usaha. Dan juga terkendala kekurangan fasilitas pendukung. Kata Kunci : Profil, Pemasaran, Pakan Ikan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:26
Last Modified: 06 Aug 2024 04:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19511

Actions (login required)

View Item View Item